Senin, 24 Agustus 2009

Refleksi Di Panti Werdha Saudara Michel Valentino

Nama : Michel Valentino
Fak/Jur : Tek. Industri / Tek. Informatika
Kampus : Kalimalang

Syallom untuk teman2 KMK Gundar....

Dari pengalaman pergi ke panti wherda kemarin, saya mempelajari dan mengingat beberapa hal...
hal yang saya pelajari adalah bahwa kita tidak boleh durhaka kepada orang tua, entah kepada ayah-ibu, kakek-nenek, atau paman-bibi kita...waktu disana hati saya perlahan berbicara : kenapa anak2 dan cucu2 mereka (para lansia) tidak mau merawat mereka di umah, tapi malah dititipkan ke panti...apakah mereka tidak punya waktu untuk orang tua (para lansia) yang sudah berjasa kepada mereka yang sekarang sudah menjadi orang besar??...bahkan saat saya sedang berbincang2 dengan security yang ada dia mengatakan, bahwa ada bebrapa dari para orang tua (para lansia) tersebut yang sudah berbulan2 tidak dikunjungi okeh keluarga mereka. Dari situ saya mendapat pelajaran betapa besar kasih sayang orang tua kepada kita...

Dan ada pula hal yang saya ingat dan saya renungkan saat berada di sana...Waktu berkenalan dengan para lansia di sana saya jadi teingat kepada eyang (ibu dari ibu saya) dan oma (ibu dari ayah saya) saya...di situ saya mengingat betapa saya adalah cucu yang durhaka...Saya sering tidak mematuhi mereka pada saat mereka masih hidup di dunia ini, dan sekarang mereka sudah hidup tenang bersama2 dengan Tuhan...
Oma saya pergi saat saya masih kelas 2 SMP, saat2 kepergiannya waktu sore hari...Saat itu saya sedang mandi sore selesai mandi saya mendengar ayah saya menangis keras...dan saat itulah oma saya pergi untuk selamanya...Sedangkan eyang (nenek) saya pergi waktu saya masih kelas 2 SMA, saat kepergiannya waktu pagi hari, dimana keluarga pakde saya saat itu menginap dari semalam sebelumnya karena ibu saya mengabari beliau...Saat pagi hari setelah eyang saya makan pagi beliau berkata kepada ibu saya yang waktu itu menyuapinya makan, katanya dalam bahasa jawa : "wes, ndu...aku ta arep istirahat" (sudah dulu, nak...ibu mau istirahat)...Saat itu eyang saya meminta agar tubuh beliau dimiringkan ke kanan, padahal biasanya eyang saya miring ke kiri saat tidur, dan saat itulah eyang saya pergi...

Saya juga teringat akan eyang kakung (ayah dari ibu) dan opa (ayah dari ayah) saya...Mereka sudah pergi saat saya masih kecil...Bahkan saya tidak mengingat wajah mereka hingga sekarang...Saya hanya bisa melihat eyang kakung dan opa saya dari foto.....

Untuk teman2 yang kakek dan neneknya masih ada dan sehat, mohon agar mematuhi, menghormati, dan menyayangi mereka selagi bisa...Karena kita tidak tahu kapan mereka akan pergi.....


Nama : Michel Valentino
Fak/Jur : Tek. Industri / Tek. Informatika
Kampus : Kalimalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar