Minggu, 30 Agustus 2009

Refleksi di Panti Werdha oleh saudari Anita


Nama : Anita Sandjaja
NPM : 50408130
Fak/Jurusan : TI/TI
Facebook/email : Anita Sandjaja


Panti Wreda.. tempat yang dianggap orang-orang adalah tempat penyisihan orang-orang yang telah lanjut usia...
Hmm.. dalam pikiran saya,.. tempat ini seperti rumah sakit.. banyak ranjang-ranjang tempat tidur... Oma-oma dan Opa-opa yang sedang sakit...
huwaaa... mengerikan...! (bagaimana kalo sampe ada yang meninggal pada saat saya berada disitu, saat saya sedang memegangi tangan mereka..???!!!...)
Namun.. semua itu jauuh dari apa yang saya bayangkan...

Itu pertama kalinya saya pergi ke Panti Wreda...rasanya deg-deg an...
karena saya gak tau suasananya kayak apa...
Tapi ternyata gak terlalu canggung ato gimana,.. Oma-oma dan Opa-opa yang ada disana juga sangat welcome dengan kedatangan kami.. beberapa malahan terlihat sangat terhibur sekali,... tentu saya juga merasa lega.
Mencium dan menyalami tangan mereka satu per satu, kemudian mengobrol sejenak,..
Jujur saja, saya bukan orang yang pandai membuka percakapan.. saya bingung mau tanya apa.. hheheeu... saya takut hal-hal yang saya tanyakan menyinggung perasaan mereka.. atau membuat mereka sedih.. tapi saya sebisa mungkin mengajak mereka mengobrol..

Seumur-umur, saya belum pernah merasakan dimanja-manja oleh kakek dan nenek..baik kakek dan nenek dari ibu ataupun ayah. Mereka telah berada di sisi-Nya sejak saya belum lahir.
Kadang saya merasa iri oleh keponakan saya yang masih bisa merasakan dimanja-manja, disayang-sayang oleh orang tua saya. Tentu saja,.. karena saya belum pernah sekalipun melihat orang-orang yang telah menghadirkan orang tua saya.

Ketika hendak berpamitan, berbagai petuah pun mengalir..
Petuah-petuah yang tak ubahnya disampaikan oleh Nenek dan Kakek kepada cucu-cucunya,.. petuah yang isinya berupa doa dan harapan-harapan mereka pada generasi penerus dunia ini.. cucu Adam dan anak-anak Hawa...

Saya merasa beruntung berkesempatan mengunjungi panti ini,.. panti yang berjarak ratusan kilometer dari kediaman saya (bayangin, Bekasi-Purwokerto..!) yang memberikan banyak pelajaran berarti tentang hidup... dan tentang Tuhan...

Bagaimanapun pengalaman-pengalaman yang mereka jalani dalam hidup mereka, sampai mereka berkesempatan tinggal di dalam panti jompo, tidak berarti buruk..
Mereka juga pasti tidak pernah menyangka akan menghabiskan masa tuanya di tempat ini.. masa-masa yang seharusnya dihabiskan bersama cucu-cucu mereka...penghabisan sisa hidup mereka yang bahagia bersama keluarga tercinta...

Namun kehendak-Nya siapa yang tahu..?

Semuanya adalah rahasia-rahasia milik-Nya yang akan terungkap dengan indah pada waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar