Minggu, 24 Oktober 2010

Tugas III Perilaku Konsumen

" Faktor Sosial yamng mempengaruhi Konsumen dengan pengkategorian Pendidikan"

Fenomena perkembangan masyarakat modern tak bisa dilepaskan dengan kebutuhan pendidikan, pendidikan dibutuhkan untuk mengantarkan seseorang menjadi yang lebih baik dengan istilah lain pendidikan mengantarkan seseorang menuju apa yang mereka inginkan. Dengan pendidikan seseorang bisa berpeluang menjadi apapun yang diinginkannnya. Pentingnya kebutuhan akan pendidikan secara langsung menyebabkan para orang tua memilihkan lembaga pendidikan yang berkualitas bagi putra putrinya, dengan memilih lembaga pendidikan yang berkualitas orang tua akan merasa puas dalam mendidik putra-putrinya termasuk pendidikan dasar sebagai landasan pendidikan jenjang berikutnya.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh baik secara individu maupun bersama-sama dari faktor psikologis, faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam memilih MI.Miftahul Ulum Gresik.
Hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh baik secara individu maupun bersama-sama dari faktor psikologis, faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam memilih MI.Miftahul Ulum Gresik.
Alat analisis yang digunakan adalah dengan model regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS for windows. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F, dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa garis regresi Y = 4.843 + 0.166 X1 - 0.218 X2 + 0.607 X3 + 1.541. Diketahui Terdapat Pengaruh individu ini ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan tingkat signifikansi dibawah 5%, kecuali faktor psikologis yang memiliki nilai lebih kecil dari t tabel. Pengaruh secara bersama-sama ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F hitung dengan tingkat signifikansi 0%.
Dengan diketahui faktor psikologis yang tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam memilih, maka diharapkan pihak pengelola dapat meningkatkan hal-hal yang sifatnya internal yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keputusan pemilihan diantaranya yaitu; melakukan perbaikan terus menerus pada kualitas pembelajaran dengan mendasarkan kebutuhan dan keinginan yang terlibat pada pengambil keputusan pembelian, pada penyadaran psikologis diusahakan tidak berlawanan dengan pandangan hidup para pengambil keputusan pembelian.Dengan diketahuinya pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi terhadap terhadap keputusan konsumen dalam memilih MI.Miftahul Ulum Gresik, harus tetap meningkatkannya kualitas karena ini akan dapat membentuk persepsi sendiri dalam benak konsumen yang memiliki gaya hidup untuk berprestasi. Bahwa dengan diketahuinya pengaruh secara bersama-sama maka masih ada potensi untuk melakukan perbaikan atau usaha-usaha lain diluar apa yang dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian.. Ini dikarenakan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor baik intern maupun ekstern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar