Sabtu, 20 November 2010

Analisis Persepsi Konsumen

Persepsi konsumen terhadap suatu produk perusahaan maupun perusahaan yang memproduksi produk tersebut dapat menciptakan suatu rangsangan bagi konsumen untuk melihat, mencoba dan menggunakan produk perusahaan kemudian timbul rasa menyenangi yang bersifat kelanjutan terhadap produk, toko maupun perusahaan yang disebut loyalitas. Persepsi seorang konsumen sangatlah penting dalam menentukan loyal tidaknya seorang konsumen terhadap suatu produk. Perilaku konsumen yang sangat loyal terhadap suatu merek produk dipengaruhi juga oleh persepsi konsumen lainnya terhadap merek produk yang sama apakah persepsi itu baik atau tidak.

Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa dari 5 indikator persepsi konsumen yaitu, kemudahan, harga, tampilan produk, keakuratan berita, dan rubrik berita yang masing-masing indikator terdiri dari 2 pernyataan, bahwa persepsi konsumen terhadap Surat Kabar Bogor adalah Baik dengan angka penafsiran rata-rata 3,74. Sedangkan untuk 5 indikator loyalitas konsumen yaitu, switcher, habitual buyer, satisfied buyer, likes brand dan committed buyer yang masing-masing terdiri dari 2 pernyataan menunjukkan bahwa konsumen memiliki loyalitas yang sedang terhadap Surat Kabar Radar Bogor dengan angka penafsiran rata-rata 3,40.

Dari analisis regresi yang diguanakan untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap tingkat loyalitas konsumen dihasilkan persamaan regresi yaitu Y = 30,324 + 0,085X sehingga didapatkan thitung > ttabel = 0,84 > 0,677 sehingga dapat dinyatakan bahwa persepsi memiliki pengaruh terhadap peningkatan loyalitas konsumen, namun tidak terlalu signifikan. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara variabel dengan menggunakan koefisien korelasi didapatkan hasil sebesar 0,084 sehingga didapatkan thitung > ttabel = 2,07 > 0,667, sehingga dapat dinyatakan bahwa persepsi memiliki hubungan terhadap peningkatan loyalitas konsumen namun tidak terlalu signifikan karena dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,071% pengaruh persepsi terhadap loyalitas konsumen.

Peningkatan loyalitas konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh persepsi konsumen, namun walaupun hanya sedikit pengaruh persepsi seorang konsumen terhadap Surat Kabar Radar Bogor, pihak Radar Bogor harus tetap membangundan menciptakan persepsi yang baik di mata konsumen dengan tetap menghasilkan produk pemberitaan yang berkualitas, terbaim dan up to date

Tidak ada komentar:

Posting Komentar